Transformator atau trafo tentu sudah tidak asing di dengar terutama untuk para jurusan teknik, nah untuk kamu yang berminat dalam dunia teknik bisa nih mengenal benda-benda apa saja atau bisa dibilang tidak asing, salah satunya transformator atau trafo ini. Berikut komponen-kompenen yang ada pada transformator.

1.Inti Besi

Fungsi dari komponen yang pertama ini adalah untuk memudahkan jalan fluksi magnetik yang timbul akibat arus listrik melalui kumparan. Inti besi ini sendiri terbuat dari lempengan besi pipih yang memainkan peran sebagai isolator untuk mengurangi panas.

2.Kumparan Trafo

Berikutnya ada kumparan trafo yang berbentuk lilitan kawat dengan fungsi isolasi yang membentuk gulungan atau kumparan. Kumparan itu sendiri terdiri dari kumparan primer dan juga kumparan sekunder yang pada praktiknya dilakukan mekanisme isolasi baik itu terhadap inti besi maupun antar kumparan dengan isolasi bentuk padat seperti pertinak, karton dan lain sebagainya.

3.Minyak trafo

Salah satu komponen paling butuh perhatian ini merupakan bahan isolasi cair yang dimaksudkan untuk pendingin pada trafo. Minyak trafo ini memiliki senyawa hidrokarbon di dalamnya yang antara lain hidrokarbon aromatik, naftenik dan juga parafinik.

4.Bushing

Bushing sendiri menjadi penghubung antara kumparan trafo dengan jaringan luarnya, selain itu bushing juga menjadi penyekat antara konduktor tadi dengan tangki trafo. Terdapat fasilitas pada bushing yang dapat digunakan untuk menguji kondisi bushing yang kerap disebut sebagai center tap.

5.Tangki konservator

Fungsi dari tangki yang satu ini adalah untuk menampung minyak serta uap yang diakibatkan dari pemanasan trafo. Relai bucholzt dipasangkan diantara tangki dengan trafo agar gas produksi yang diakibatkan kerusakan minyak dapat terserap. Supaya minyak tidak terkontaminasi dengan air maka ujung masuk dari saluran udara yang melalui saluran pelepasan dilengkapi pula dengan media penyerap yang biasa disebut silica gel.

6.Tap changer

Alat yang satu ini dirancang untuk mengatur tegangan supaya tegangan selalu dalam kondisi yang baik, stabil dan berkelanjutan. Sebab kadang kala kualitas suatu operasi tenaga listrik di awal seting sesuai dengan apa yang ditentukan namun kerap kali terjadi penurunan tegangan sehingga kualitasnya lambat laun menurun.

7.Dehydrating Breather

Ketika berada di konservator minyak diupayakan sebisa mungkin untuk tidak bersinggungan dengan udara, hal ini dikarenakan kelembapan udara yang pasti mengandung uap air akan berkontaminasi dengan minyak meskipun proses kontaminasi tersebut berlangsung secara perlahan-lahan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi dibutuhkan suatu media yang dapat menghisap kelembapan dimana biasanya yang digunakan adalah silica gel.

8.Indikator

Terdapat beberapa indikator dalam trafo seperti indikator permukaan minyak, thermometer dan beberapa indikator lain yang penting keberadaannya.

9.Peralatan Proteksi

Untuk mendukung mekanisme kerja trafo maka trafo pun dilengkapi peralatan proteksi seperti relai bucholzt, jansen membran, relai tekanan berlebih, relai pengaman tangki dan terakhir resistance pertahanan trafo.

10.Alat tambahan

Alat tambahan ini misalnya pemadam kebakaran yang dapat digunakan pada keadaan-keadaan darurat.
Itulah beberapa komponen utama dari trafo yang perlu anda ketahui. Sebetulnya masih ada beberapa komponen yang terlewat, namun kiranya list komponen di atas sudah cukup menggambarkan komponen yang terkandung di dalam trafo.

Udah tau kan apa saja komponen-komponen dalam transformator atau trafo untuk anda dalam Jasa Perawatan Trafo bisa langsung kunjungi https://sewatama.com/id/