Anak-anak dengan demam tinggi dapat disebabkan oleh banyak hal yang dapat disebabkan oleh tumbuh gigi pada anak kecil atau terinfeksi bakteri dan virus. Bila anak belum mengalami demam hingga 38 ° 5C, ibu dapat menerapkan obat penurun demam pada anak tanpa menggunakan bahan alami untuk bayinya.

Karena penyalahgunaan obat-obatan Barat penurun demam dapat menimbulkan banyak efek samping bagi anak-anak yang tidak diinginkan siapa pun. Secara khusus, penggunaan yang banyak akan membuat tubuh bayi menjadi berminyak dan sulit dirawat di lain waktu. Simak tips efektif menurunkan demam untuk anak yang dikutip dari SehatQ:

1. Kurangi demam dengan selada ikan, apsintus atau daun yang dibakar

Hancurkan daun selada ikan dan ambil sarinya untuk diminum anak guna membantu menurunkan demam secara efektif

Daun selada ikan, daun yang dibakar, dan apsintus adalah ramuan obat dalam pengobatan oriental. Apalagi sayuran ini mudah dijumpai dalam kehidupan dan baik untuk kesehatan, membantu melegakan dan mendukung peredaran darah. Jika ingin cara yang lebih simpel anda bisa mencari obat info obat di SehatQ.

Bila anak Anda demam, ambil sedikit daun selada ikan, apsintus atau daun yang dibakar, tutupi dengan kain dan tutupi di dahi anak. Biarkan selama setengah jam lalu bersihkan dengan air hangat Ini adalah cara cepat untuk menurunkan demam anak tanpa menggunakan obat-obatan. Cara menurunkan demam ini dapat digunakan untuk bayi usia 0 – 6 bulan.

2. Turunkan demam dengan minyak pohon teh atau minyak esensial lavender

Saat memandikan anak saat demam, banyak orang tua yang pantang memandikan anaknya karena takut anaknya gampang masuk angin. Namun, mandi dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit minyak kayu putih atau lavender bisa sangat efektif dalam mengurangi demam.

Minyak esensial ini memiliki efek dekongestan, menurunkan demam dan menghangatkan tubuh, serta mencegah masuk angin. Jadi ketika Anda melihat bahwa anak Anda mengalami gejala demam ringan, mandikan dia dengan air hangat dan beberapa tetes minyak esensial dan mandilah di ruangan tertutup. Setelah mandi, orang tua harus dikeringkan dan berpakaian untuk anak atau untuk bayi di tempat yang berventilasi baik dan tidak terlalu berangin. Ini adalah solusi efektif dan mudah digunakan untuk menurunkan demam tanpa obat untuk bayi Anda.

3. Turunkan demam dengan bawang bombay

Bawang bombay terbukti sangat efektif meredakan nyeri dan menurunkan demam. Saat anak Anda menunjukkan tanda-tanda demam, Anda harus menggunakan salah satu dari tiga cara untuk menurunkan demam dengan bawang:

Metode 1: Bawang membungkus pergelangan tangan kiri

Di bawah pergelangan tangan kiri terdapat titik akupunktur dan tendon, bila mengoleskan bawang merah akan membuat tubuh cepat dingin.

Caranya sebagai berikut, bunda menggunakan handuk bayi atau handuk ember besar untuk membungkus 1/4 bawang bombay (dicincang halus) dan menutupinya di tangan kiri. Jus bawang merah merembes ke titik-titik akupunktur untuk membantu bayi cepat sembuh dari penyakit.

Metode 2 Menyembuhkan batuk, melarutkan lendir dan menurunkan demam

Langkah 1. Pertama, potong bawang bombay secara horizontal, lalu iris tipis.

Langkah 2. Kemudian letakkan irisan bawang di bawah kaki anak, lalu kenakan kaus kaki, biarkan bayi tidur semalaman. Keesokan paginya, bangun dan basuh kaki Anda dengan air dingin.

Cara 3: Bersihkan paru-paru dari lendir, obati batuk dan demam tinggi

Langkah 1: Bawang panggang, kupas, potong serabut horizontal dan cincang

Langkah 2: Bungkus bawang dengan kain bersih untuk membentuk kantong dan segel

Langkah 3: Oleskan kantong bawang ke dada bayi Anda, gulung berulang-ulang selama sekitar 15 menit.

4. Turunkan saus dengan lemon segar

Lemon segar merupakan makanan yang efektif untuk menurunkan demam dengan cepat. Sangat cocok untuk anak-anak dengan demam dari 38 derajat. Potong lemon menjadi irisan tipis dan oleskan ke dahi, siku, kaki, dan tulang belakang bayi untuk melihat hasil langsung.

Namun, hindari mengoleskan lemon pada kulit yang tergores atau sensitif untuk menghindari gatal dan iritasi.

5. Kurangi demam dengan menggunakan kaus kaki basah

Menggunakan kaus kaki basah untuk menurunkan demam adalah tip yang sangat efektif yang dikomunikasikan satu sama lain. Ketika melihat anaknya demam, ibu mengambil sepasang kaus kaki panjang untuk bayinya, lalu merendamnya di air hangat, memerasnya dan menggulungnya ke pergelangan kaki dan kaki bayi.

Saat kaus kaki sudah dingin, ulangi prosedur ini dan lakukan berulang kali hingga tubuh bayi Anda menjadi dingin. Meski membungkus kaus kaki di kaki bisa sedikit tidak nyaman. Namun setelah beberapa saat, bayi Anda akan merasa lebih nyaman karena suhu yang turun. Hanya keesokan harinya ketika dia bangun demam bayi itu hilang.

6. Kurangi demam dengan perilla

Menurut pengobatan oriental, perilla adalah tanaman yang mengandung banyak minyak esensial sehat yang mampu meredakan nyeri, meredakan demam, … Oleh karena itu, saat bayi demam, ibu dapat menghaluskan daun perilla dan mengekstrak airnya. Bagi yang masih menyusui, ibu-ibu bisa merebus daun perilla atau memakan 10 lembar daun perilla mentah untuk disekresikan ke dalam ASI.

7. Kurangi demam dengan makan es krim

Ini adalah metode pengurangan demam yang umum digunakan di Barat oleh Barat karena efektif dan sangat kooperatif. Namun, Anda harus mencatat bahwa hanya untuk anak-anak dengan demam kurang dari 39 derajat dan berusia 10 tahun.

Saat Anda melihat bayi Anda menunjukkan tanda-tanda demam, berikan dia es krim dingin. Suhu krim yang rendah membantu tubuh mendingin, mendingin dengan cepat. Namun, berikan anak Anda tongkat karena makan banyak dapat menyebabkan sakit tenggorokan , sakit perut, dan sakit perut.

8. Turunkan saus dengan air daun periuk

Obat tradisional kuno adalah dengan menggunakan daun pot untuk menurunkan demam dengan cepat dan efektif. Ambil segenggam tanaman pot dan cuci dalam air garam encer selama sekitar 10 menit. Kemudian, rebus hingga dingin, lalu angkat, hancurkan, lalu saring untuk diminum anak.

Berikan bayi Anda 50ml setiap kali. Untuk anak di bawah 1 tahun, ibu dapat memberikan minuman kepada bayinya, puing-puingnya dimasukkan ke dalam ember untuk menempatkan dahi, ketiak, selangkangan, dan telapak kaki agar cepat dingin.

9. Makanan untuk menurunkan demam secara efektif

Saat anak demam, orang tua jangan lupa memberikan nutrisi yang cukup dan memberi bayi banyak cairan.

Mengalami demam tinggi membuat tubuh lebih mudah berkeringat, dehidrasi, serta mata dan mulut kering. Para ibu harus memberi bayinya makanan cair yang mudah dicerna dan memberi lebih banyak air hangat daripada setiap hari.

Catatan: Minum air hangat untuk mengisi air agar tubuh bisa detoks, cepat turunkan demam. Sebaiknya ibu jangan sampai membiarkan anak minum air terlalu panas bisa menyebabkan luka bakar atau pilek yg menyebabkan sakit gigi , perut dingin.